Apa kabar sobat GampangJualan.ID? kali ini kita akan membahas mengenai peluang bisnis UMKM yang dapat sukses dengan bantuan teknologi digital. Ya, di era pandemi sekarang ini ratusan juta pengguna internet di Indonesia terutama di Facebook lebih memilih untuk melakukan belanja online. Yuk, siapkan secangkir teh atau wedang sembari membaca artikel peluang bisnsis UKM ini.

Ketika Peluang Bisnis UMKM Bertemu dengan Teknologi Digital

Bisa dikatakan bahwa hampir seluruh bisnis yang ada saat ini memiliki ketergantungan terhadap teknologi digital. Hal itu berbanding lurus dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga kebutuhan akan teknologi tersebut juga semakin tinggi.

Tidak hanya perusahaaan besar saja yang bersinggungan dengan teknologi digital, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) juga sudah mulai merambah dalam dunia teknologi digital. Peluang bisnis UMKM yang menggunakan teknologi digital sebagai alat pemasarannya bisa dikatakan sangat berhasil.

Seperti yang kita tahu, ketika pandemic melanda seperti saat ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya sehingga memutuskan untuk membuka usaha agar bisa bertahan hidup. Usaha-usaha yang bermunculan tersebut sangatlah banyak sehingga persaingan dalam bisnis pun semakin ketat.

Salah satu cara yang ampuh dalam membuka usaha saat ini adalah dengan menggunakan bantuan teknologi digital. Pemasaran secara digital atau daring sangatlah menguntungkan, mengapa? Karena cakupan internet yang sangat luas dapat menemukan customer yang banyak dan sesuai dengan target pasar dari bisnis tersebut.

Internet Sebagai Alat Pemasaran Digital

Internet adalah sebuah teknologi digital yang sudah dimanfaatkan oleh banyak pebisnis sebagai alat promosi sekaligus marketing yang sangat ampuh. Peluang bisnis UMKM yang menggunakan internet sebagai media promosi biasanya akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Namun, sebagian orang saat ini tidak menyadari bahwa dunia digital merupakan tempat yang sangat bagus dalam berbisnis. Hal itu terjadi karena ketidak percayaan mereka terhadap perkembangan teknologi dan memilih menjalankan bisnis menggunakan metode lama.

Para pengusaha yang masih berpegang teguh pada prinsip lama biasanya akan mendapati dirinya tertinggal oleh pengusaha-pengusaha lain yang memanfaakan teknologi digital. Dari banyak aspek, pemasaran secara digital bisa dikatakan menduduki puncak klasemen dalam keberhasilan dalam perkembangan sebuah bisnis.

Maka dari itu kita bisa lihat perusahaan-perusahaan besar menyewa jasa para pelaku bisnis digital untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Berkaca dari hal itu, maka tidak menutup kemungkinan peluang bisnis UMKM yang bersentuhan dengan dunia teknologi juga akan semakin maju.

Bagaimana Teknologi Digital Meningkatkan Bisnis UMKM?

Lalu muncul sebuah pertanyaan, bagaimana teknologi digital dapat meningkatkan peluang bisnis UMKM? Jawabannya sangat sederhana. Sebanyak 59% masyarakat yang hidup di dunia ini adalah pengguna internet. Kita semua tahu bahwa internet merupakan teknologi yang dapat menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

Jadi, ketika seorang pelaku bisnis menggunakan internet sebagai media promosi bisnis tersebut, maka setengah populasi masyarakat di dunia bisa mengetahuinya.

Salah satu senjata andalan dari teknologi digital saat ini adalah social media. Sebanyak 87% masyarakat Indonesia merupakan pengguna aktif dari social media. Terutama pada platform Facebook, terdapat 82% dari total 175 juta pengguna internet di Indonesia yang aktif di Facebook pada tahun 2020 seperti yang dilaporkan oleh Hootsuite.

Pengguna Facebook di Indonesia Tahun 2020

Dari hal tersebut di atas, bisa kita lihat bahwa social media sudah bersentuhan dengan lebih dari setengah penduduk Indonesia. dilihat dari banyaknya pengguna social media tersebut, maka peluang untuk bisnis lebih dikenal ketika memanfaatkan teknologi digital akan semakin besar juga.

Memanfaatkan social media tentu saja tidak boleh sembarangan. Harus mengetahui terlebih dahulu apa target pasar dari perusahaan yang sedang dibangun. Secara spesifik, pelaku bisnis bisa mencatatkan target pasar yang memiliki potensi untuk membeli jasa atau produk dari bisnis tersebut dengan memanfaatkan social media.

Selain itu, saat ini dikenal system endorse, yaitu memasarkan produk kita menggunakan influencer atau public figure yang dikenal oleh masyarakat luas melalui kanal social media milik endorser tersebut.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan endroser agar peluang bisnis UMKM yang dijalankan bisa mendapatkan target yang tepat sasaran?

Kita ambil contoh sederhana. Apabila bisnis yang dijalani merupakan F&B (food and baverage), kemudian main produknya adalah makanan sehat, maka untuk menentukan endorser yang tepat diperlukan langkah cerdik.

Orang yang cocok untuk menjadi parter promosi tersebut haruslah orang yang dikenal sebagai pribadi yang sehat, terbiasa memakan makanan sehat di hadapan public serta memiliki pengikut social media yang cocok dengan target pasar bisnis. Dengan begitu, maka promosi yang dilakukan tentu saja akan mendapatkan impact yang sesuai.

Perhatikan Brand Awareness Dalam Menjalankan Bisnis Online

Beda cerita apabila salah dalam memilih endorser. Bisa-bisa, bisnis yang anda jalankan tidak hanya sulit mendapatkan customer, bahkan brand yang dimiliki bisa saja mengalami penurunan. Brand merupakan wajah tederpan dari sebuah perusahaan.

Jika brand yang dimiliki dipercaya oleh masyarakat sebagai brand yang berkualitas, maka tidak perlu banyak metode promosi, customer akan berlomba-lomba untuk mendapatkan barang atau jasa dari bisnis yang dikelola. Begitupun sebaliknya, bila brand bisnis tersebut tidak dipercaya, maka masyarakat juga akan ragu untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis tersebut.

Salah satu pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis UMKM adalah mengembangkan brand awareness. Seperti yang disebutkan sebelumnya, brand sangatlah penting. Peran teknologi digital dalam perkembangan brand juga signifikan.

Internet sebagai wajah utama dalam teknologi digital saat ini memiliki fungsi yang, tidak hanya untuk menarik para customer agar mengunakan produk kita, tapi juga untuk mengembangkan brand awareness. Cara agar brand kita dikenal baik oleh masyarakat sebenarnya sederhana, namun untuk mengaplikasikannya memang membutuhkan ilmu yang tidak sedikit.

Gunakan E-Commerce Sebagai Media Jualan

Berbicara mengenai bisnis, tentu saja erat kaitannya dengan pasar. Pasar yang dimaksud disini adalah target pembeli atau pengguna jasa dari usaha yang kita jalani. Secara psikologis, masyarakat, khusunya di Indonesia, memiliki kecendrungan konsumtif yang sangat besar.

Dilihat dari hal itu, peluang bisnis UMKM sangatlah besar. Jika ada barang atau jasa baru yang unik, orang-orang pasti akan berlomba-lomba untuk mencobanya. Teknologi digital saat ini bisa dijadikan sarana untuk memperkenalkan dan menjual produk serta jasa unik tersebut.

Salah satu contoh teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran produk secara digital adalah e-commerce atau toko online. Sebagai penyedia barang atau jasa, pelaku bisnis dengan mudahnya dapat memasarkan produk-produk yang dimiliki melalui website toko online mereka sendiri. Tentu ini berbeda dengan marketplace, dengan website toko online, Anda dapat lebih leluasa dari para pesaing dan dapat melakukan branding.

Sosial Media Sebagai Media Promosi

Melanjutkan pembicaraan mengenai social media, tentu saja saat ini media social yang paling banyak digunakan adalah Instagram. Memanfaatkan Instagram sebagai media promosi juga bisa dilakukan bagi para pelaku usaha UMKM agar usahanya lebih dikenal. Dengan membuat konten yang menarik, maka calon pembeli akan berdatangan. Lalu, bagaimana cara membuat konten yang menarik?

Untuk membuat konten yang menarik, banyak factor yang harus dipenuhi. Seperti yang kita tahu, Instagram merupakan social media yang menyajikan konten audio visual yang disertai tulisan atau caption di dalamnya. Nah, membuat konten yang menarik untuk memasarkan produk tentu saja harus menyesuaikan ketiga unsur konten yaitu audio, visual serta tulisan yang baik.

Dalam menciptakan konten pemasaran, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pesan yang disampaikan dari konten tersebut masuk atau sesuai dengan pemikiran target pasar. Dengan memperhatikan ketiga unsur tersebut, maka konten yang dibuat bisa mendapatkan perhatian serta sambutan yang baik dari para calon customer.

Saat ini, banyak juga orang yang membuka usaha sebagai digital marketer, atau secara deskriptif, penyedia jasa penjualan secara digital. Hal itu bisa menjadi salah satu peluang bisnis UMKM yang memiliki prospek baik kedepannya. Di saat pandemic seperti saat ini, seluruh usaha berbasis offline seolah mati suri.

Maka dari itu banyak orang yang berlomba-lomba untuk mempercepat pergerakannya di dunia digital. Nah, disitu muncul peluang bisnis sebagai digital marketer dimana perusahaan-perusahaan yang mengalami kejatuhan di dunia offline, akan beralih ke dunia online untuk meningkatkan penjualannya.

Ilmu dalam dunia digital marketing saat ini sangat dicari dan digemari. Banyak sekali orang-orang yang mulai menyediakan kursus online agar mahir dalam dunia digital marketing. Hal itu merupakan salah satu peluang bisnis UMKM yang baik juga.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dunia digital marketing sangat diminati oleh pelaku bisnis. Maka dari itu, dengan membuat kursus online atau webinar yang saat ini sedang marak bisa menjadi bisnis yang menguntungkan baik untuk saat ini, maupun untuk kedepannya.

Pentingnya Digital Marketing dan Otomasi dalam Bisnis Online

Jika kita meraba ke beberapa tahun belakang, sebenarnya banyak perusahaan yang sudah merambah dunia digital dan akhirnya sukses. Hal itu yang memacu para pelaku UMKM untuk merambah juga ke dunia digital agar tidak ketinggalan dengan perushaan besar yang telah lebih dulu terjun ke dunia digital.

Dulu, pemasaran digital yang dilakukan oleh pelaku bisnis memang sangat sedikit jenisnya, salah satu contohnya adalah dengan memasang iklan di program televisi. Karena biaya iklan yang mahal untuk memasang iklan di televisi, tidak semua pelaku bisnis mampu untuk melakukannya.

Berbeda dengan saat ini dimana iklan bisa dipasang di berbagai platform social media. Bisa dibayangkan untuk beberapa tahun kedepan, pemasangan iklan di saluran digital akan sangat efektif, bahkan mungkin akan selalu efektif sampai ke era-era berikutnya.

Mempermudah Proses Bisnis Online

Bisnis online terlihat sangat sederhana untuk UMKM, akan tetapi ketika produk Anda memang banyak peminatnya maka Anda dapat pusing sendiri dibuatnya. Oleh karena itu, GampangJualan.ID menghadirkan cara kerja bisnis online yang efisien dengan otomasi beberapa hal yang sering menguras waktu, pikiran, tenaga dan otomatis biaya para pelaku UMKM Online.

Segelintir orang saat ini masih menganggap bahwa teknologi digital merupakan sebuah misteri yang sulit dimengerti. Namun segelintir orang yang lain, teknologi digital merupakan lahan bisnis, lahan promosi serta lahan unjuk diri yang sangat efektif. Bisa dikatakan, teknologi digital memang memiliki baik serta buruknya, tergantung bagaimana penggunaan yang dilakukan.

Salah satu efek buruk yang sedang terjadi akibat teknologi digital saat ini adalah rasa candu yang berlebih. Ya, masyarakat saat ini menjadikan internet sebagai kebutuhan primer. Ketergantungan atas teknologi digital yang terjadi saat ini sebenarnya bagaikan pedang bermata dua, dimana hal itu bisa mengganggu sifat kemanusiaan dari seseorang.

Namun tidak sedikit juga kebaikan yang didapat dari pekembangan teknologi digital yang pesat. Selain untuk memajukan peluang bisnis UMKM, teknologi digital bisa menjadi wadah untuk berkomunikasi paling efektif saat ini, mengingat himbauan social distancing yang berlaku saat ini.

Tidak hanya sebagai alat komunikasi, dengan perkembangan teknologi digital yang semakin baik menjadikan informasi sangat mudah didapatkan. Mudahnya mengakses informasi tersebut menjadikan masyarakat lebih berwawasan. Selain itu, teknologi digital juga menjadi hiburan yang sangat baik dikala pandemic yang menyengsarakan rakyat seperti saat ini sedang berlangsung.

Entah itu dengan menonton film di aplikasi penyedia film berbayar, atau sekedar menonton youtube, atau menyaksikan live streaming dari idola-idola saat ini. Namun satu hal yang pasti, teknologi digital merupakan sebuah parameter peradaban yang sangat signifikan.

Pin It on Pinterest

Share This
× Ada yang bisa dibantu?