Banyak orang yang ingin memulai bisnis online namun seringkali bingung harus memulai dari mana. Maka melihat berbagai kisah pengalaman orang sukses ketika memulai bisnis online pertama kali adalah salah satu cara yang tepat untuk belajar bagaimana cara memulai bisnis online dan menjadi alasan kami ingin membaginya sehingga setiap orang yang ingin memulai bisnis online tidak lagi merasakan kebingungan.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online, terutama bisnis yang menjual produk baik sebagai produsen, maupun dropship dan reseller sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan mudah. 

Cara Utama Memulai Bisnis Online

Secara garis besar ada dua cara utama untuk memulai bisnis online, yang pertama adalah menentukkan barang atau produk yang akan dijual, dan yang kedua adalah membangun pasar atau market. Untuk menentukan barang yang akan dijual ada beberapa hal yang dapat dilakukan atau dianalisa sebelum akhirnya mulai berbisnis, diantaranya adalah

1.     Melakukan riset pasar

Riset pasar atau riset pemasaran berarti melakukan analis, pengumpulan data, desain, dan pelaporan data secara sistematis mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan pasar sehingga pelaku riset atau pebisnis mendapatkan gambaran umum mengenai keadaan pasar yang ada secara actual dan faktual.

Riset pasar ini dilakukan untuk menemukan masalah yang dihadapi masyarakat dengan menemukan masalah atau kebutuhan tentunya kita akan lebih mudah menentukan solusi  atau produk yang nantinya akan dijual. 

2.     Riset kompetitor

Setelah mengetahui kebutuhan masyarakat mengenai produk yang dibutuhkan, maka langkah kedua adalah melakukan riset kompetitor. Riset ini penting dilakukan untuk melihat apakah lahan bisnis yang akan dimulai ini merupakan lahan dengan kompetisi yang padat atau justru masih lautan biru yang menggambarkan masih sedikitnya kompetitor yang ada.

Setelah banyaknya kompetitor, maka langkah selanjutnya adalah menemukan kompetitor  terkuat. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan kompetitor kita tersebut. Nantinya hal ini akan mengarahkan kita untuk membuat produk yang berbeda dari para kompetitor sehingga dapat menjadi  keunikan / unique selling point (usp)  dari produk yang kita tawarkan sebagai solusi.

3.     Menuliskan bisnis plan

Setelah mengetahui  produk yang akan ditawarkan sebagai  solusi serta menentukan titik keunikan dari produk dan layanan bisnis kita, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan bisnis plan yang akan diajalankan. Bisnis plan berisi rencana, maksud, serta tujuan dari bisnis yang akan dijalankan. Secara sederhana isi dari business plan kita harus dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan dibawah ini:

  • Produk apa yang akan ditawarkan?
  • Siapa yang akan menggunakan / mengonsumsi produk tersebut?
  • Apa manfaat dari penggunaan produk yang ditawarkan?
  • Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis selama setahun? Termasuk biaya modal, operasional, dan biaya pemasaran / marketing produk.
  • Berapa harga produk yang akan ditawarkan?
  • Bagaimana menawarkan dan menyampaikan produk yang akan kita jual ?

Semakin detail jawaban dari pertanyaan-pertanyaan  ini maka semakin baik juga bisnis plan yang dituliskan.

Keempat cara di atas merupakan cara untuk mendapatkan produk apa yang akan kita jual atau secara tidak langsung merupakan langkah pertama untuk memulai bisnis online. Selanjutnya, tantangan dalam menjual barang atau produk adalah membuat laris barang yang kita jual yakni : pemasaran atau marketing. 

Memasarkan Produk

Setiap produk yang ditawarkan memiliki tantanganya masing-masing. Meskipun memiliki tujuan kesuksesan yang sama, namun para pebisnis menghadapi tantangannya sendiri-sendiri. Beberapa pebisnis menghadapi kendala kurangnya tim yang kompeten dalam menghandle atau membuat konten untuk memasarkan produknya, beberapa yang lain menghadapi masalah kekurangan waktu untuk menghandlenya, bahkan ada juga yang menghadapi tantangan kurang efektif dalam memanfaatkaan fitur-fitur yang ada atau kendala teknologi.

Namun setiap kesulitan atau tantangan tentu memiliki soslusi yang dapat dilakukan ketika memulai bisnis online diantaranya terdapat dalam  5 cara  yang akan diulas lebih lanjut sebagai berikut :

1.     Kenalkan bisnis ke orang sekitar / terdekat

Menurut Badan Pusat Statistik, dari 240 juta penduduk Indonesia 176 juta penduduk sudah melek internet. Angka ini berarti 64% dari total penduduk di Indonesia sudah mendapatkan akses internet dan sangat mungkin untuk menjadi konsumen kota. Sebagian besar pengguna internet mengakses media sosial seperti facebook, instagram, dan twitter untuk mencari  hiburan dan sebagai sumber informasi.

Penggunaan media sosial yang massive juga menunjukkan bahwa pelanggan akan lebih mudah men-share produk kita bahkan secara tidak langsung ikut mengenalkan produk kita pada jaringan pertemanannya di media sosial dengan hanya menekan tombol like atau komentar. Jika setiap dari kita minimal memiliki 100 orang teman di media sosial. Dan teman kita memiliki 100 orang lainnya, maka dapat anda bayangkan betapa besarnya potensi bisnis online ini.

Maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengenalkan bisnis kita ke orang disekitar. Baik itu melalui media text yang sederhana dalam status  hingga video promosi yang dibuat dengan bantuan professional. Diantara banyaknya situs media sosial yang banyak digunakan di Indonesia, pada 2020 ini facebook masih menjadi media sosial yang paling luas digunakan di dunia dengan pengguna aktif mencapai 2.3 miliar akun.

Di Indonesia sendiri jumlah pengguna aktifnya berkisar 140jutaan.  Baru kemudian diikuti oleh media sosial lain seperti instagram dan twitter. Selain menggunakan media sosial sebagai tempat promosi, situs youtube juga popular digunakan sebagai sarana mengenalkan produk.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu kita perlu mempelajari guna memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada media sosialmu. Diantaranya seperti adanya facebook page, group, pesan, hingga lini masa.  Berdasarkan riset pada algoritma facebook, waktu terbaik untuk posting berkisar anatar jam 1 hingga 4 sore dengan jumlah posting cukup 1 atau 2 postingan setiap harinya.

Namun, seringkali kita menghadapi kendala tidak selalu memiliki waktu yang cukup untuk membuat konten dan mempostingya di waktu yang tepat sehingga akan sangat baik jika kita menggunakan bantuan pihak ketiga baik aplikasi lain maupun tim yang dapat menghandle secara professional.

Belum lagi jika kita mendapatkan pesan dari calon pelanggan, kecepatan untuk merespon menjadi salah satu kunci keberhasilan penjualan, dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketika seperti gampangjualan.id kita dapat dengan mudah membalas pesan bahkan hingga ke banyak pelanggan dengan fitur webstore LiveChat.

2.     Personal branding

Memiliki merek dagang entah itu kita sebagai reseller, dropship  apalagi produsen produk di era digital seperti sekarang merupakan sebuah kebutuhan untuk memulai bisnis. Personal brand atau merek dagang ini akan memebrikan kesan bahwa kita merupakan pebisnis yang professional dan dapat dipercaya . 

Hal-hal yang harus disiapkan antara lain nama, logo, hingga warna dan font yang akan banyak kita gunakan. Beberapa website gratis yang dapat membantu mendesain logo diantaranya canva.com , zyro logo maker, Visme, Oberlo, dan Free Logo Desain.  Dengan penggunaan logo secara terus menerus dan konsisten di setiap postingan akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek dagang yang kita miliki.

3. Memiliki website

Memiliki branding yang kuat dan dapat dipercaya merupakan kunci pembeli mau untuk membayarkan beberapa rupiah pada kita dibanding pada competitor sejenis. Untuk itu, memiliki memiliki website dapat memaksimalkan kesan tersebut. Tentu saja memiliki website membutuhkan perhatian, namun hal ini tidak belaku jika website yang kita gunakan relatif mudah untuk digunakan sehingga tidak lagi tekendala masalh teknologi.

Semakin baik jika website yang kita bangun memberikan akses yang mudah ke media sosial yang kita gunakan maupun sebaliknya. Hal tersebut dilakukan jika menggunakan website dan aplikasi GampangJualan.Id bahkan kita dapat membuat Toko, Edit produk, Pantau Transaksi, dan mengHandle Customer, di mana saja dan kapan saja melalui smartphone kesayangan Anda.

4.     Marketing booster

Pada langkah pertama kita dapat mengenalkan produk ke orang disekitar, namun seringkali kenalan kita bukanlah target pemasaran kita maka untuk langkah pemasaran selanjutnya dalah membuat list 100 calon konsumen yang memang merupakan target pasar kita dan menawarkan secara langsung atau intens.

Cara lain untuk mengkatalis pemasaran produk kita adalah dengan bergabung ke forum yang sesuai dengan produk kita. Baik itu forum online, facebook page, group facebook, mengembangkan relasi sesama pebisnis, maupun mengikuti berbagai event offline atau diluar jaringan.

5.     Marketing berkelanjutan

Setiap langkah yang kita lakukan baiknya kita membuat suatu dokumentasi  yang dapat kita jadikan konten untuk memulai marketing atau pemasaran yang berkelanjutan. Pemasaran berkelanjutan disini berarti bagaimana membuat internet bekerja untuk anda.

Merencanakan dan menggunakan sistem yang terotomasi saling terhubung antara satu platform atau wadah berjualan dengan platform yang lainnya merupakan salah satu caranya. Bisa dengan memulai facebook page, kanal youtube, hingga membuat iklan memanfaatkan fitur google ads dan facebook ads.  

Penutup

Pada dasarnya, baik website, media sosial, maupun marketplace merupakan beberapa pilihan platform atau wadah tempat kita berjualan. Semakin luas adanya internet kini juga semakin membuat orang bebas menentukan pilihan.

Dengan hadir di berbagai platform tentu akan memberikan pilihan terbaik kepada konsumen dan calon konsumen untuk menentukan platform mana yang akan digunakan untuk mendapatkan produk kita. Tentu saja hal ini juga membutuhkan perhatian. Maka memiliiki platform yang saling terhubung menjadi jawaban unutuk memulai bismis online yang mudah dari mana saja dan kapan saja. [Nissa 02].

Pin It on Pinterest

Share This
× Ada yang bisa dibantu?