Setiap harinya kita dihadapkan dengan beragam pilihan dan kebutuhan. Baik itu ketika dulu maupun juga sekarang ditengah masa pandemic covid-19. Sudah saatnya bagi semua orang untuk mulai memahami cara kerja bisnis online dari yang paling mudah dan paling hemat.

Pandemi yang berlarut-larut memaksa kita untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang seharusnya berlangsung selama 5 tahun namun harus kita hadapi dalam 3 bulan di awal 2020 ini.

Pentingnya Memiliki Cara Kerja Bisnis Online yang Efektif

Banyak saluran online yang dapat digunakan untuk bisnis online atau memasarkan produk secara daring. Kegiatan selama PSBB dapat ditambah selain Yoga dan Belajar Kuliner Online juga sembari coba-coba berjualan online.

Facebook dengan ratusan juta penggunanya masih merupakan tempat dimana kebanyakan orang Indonesia beraktivitas online. Tentunya selain facebook, marketplace lokal di Indonesia juga sudah memiliki puluhan juta pengguna.

Ada banyak cara kerja jualan online di Facebook, mulai dari menggunakan akun pribadi, hingga menggunakan Fans Page (Halaman Bisnis). Mulai dari promosi gratisan hingga promosi berbayar. Namun, pada prosesnya.. hal tersebut akan menyita waktu dan tenaga.

Pilihannya adalah, lanjutkan atau sudahi saja ketimbang membuat repot. Saat ini, Anda tidak perlu memilih untuk menyudahi bisnis online yang sudah menghasilkan. Sebelum kita lanjutkan, ada baiknya kita pahami dulu perilaku konsumen di tengah pandemi (yang semakin online)

Memahami Cara Kerja Bisnis Online Dengan Benar

Jika anda selama ini sudah mulai penat dalam menjalankan bisnis online, ini artinya ada cara kerja yang harus di review. Baik pemahaman pola perilaku konsumen, cara promosi online, sampai pada alat-alat yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam berjualan online.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui untuk mendapatkan hasil yang efektif dalam berjualan online:

1. Memahami Perilaku Konsumen Online

Perlu kita pahami bahwa, konsumen online berbeda dengan konsumen offline  dalam cara mengambil keputusan. Konusmen online akan melakukan “penelitian” kecil seperti Googling setelah tertarik pada suatu produk. Ini mungkin saja mereka melihat informasi awal dari Instagram, Facebook ataupun melalui marketplace Tokopedia, Zalora dan sebagainya. 

Konsumen online akan melihat kredibilitas, kemudian melihat review, selain membandingkan harga. Oleh karena itu, memiliki toko online merupakan salah satu syarat untuk memenuhi kredibilitas. Sebab, beredar hukum pasar disini “No Trust, No Deal”. Ini artinya Anda memang harus sudah memiliki website toko online, meskipun Anda hanya berjualan di Facebook. 

Hal ini tidak dapat Anda abaikan jika ingin memiliki cara kerja bisnis online yang benar. 

2. Mengetahui Tempat Dimana Permirsa Online Anda Berada

Setiap binis berbeda-beda, demikian platform yang tersedia untuk berjualan online. Seperti di LinkedIn, pemirsa Anda adalah orang-orang perkantoan, kurang relevan jika Anda menawarkan les privat pelajaran sekolah bukan?.

Maksudnya disini adalah, Anda harus mengetahui profil para pembeli Anda secara pasti. Kemudian Anda dapat pelajari platfrom online mana yang lebih cocok. Misal, di Facebook banyak keluarga dan reuni, artinya jika Anda memiliki produk untuk target usia 34 – 45 tahun, maka Facebook merupakan saluran yang lebih sesuai.

Dengan mengetahui secara tepat dimana pemirsa Anda berada, aktivitas bisnis online Anda dapat menjadi efektif.

3. Memiliki Goal dan Rencana Aksi yang Jelas

Seperti dalam kehidupan, harus punya tujuan. Demikain dalam berbisnis online di Facebook maupun di marketplace Tokopedia, Anda harus punya tujuan. Jika tidak, Anda akan bingung sendiri suatu saat.

Oleh karena itu, tetapkan tujuan sejelas mungkin dan harus masuk akal. Pahami proses konsumen online mengambil keputusan. Maka Anda akan menerapkan langkah berikut:

  1. Sosialisasi Produk melalui website toko online dan Fan Page Facebook (Halaman Bisnis).
  2. Membuat konten yang menarik perhatian pemirsa setiap hari agar tidak membosankan.
  3. Menampilkan testimoni untuk meningkatkan keyakinan pemirsa.
  4. Mengajak pemirsa untuk mengambil tindakan untuk membeli.

Masing-masing point di atas dapat digunakn sebagai tujuan yang realistis, jalankan tahap demi tahap secara disiplin dan telatan. Perhatikan dampak di setiap tahap tersebut, lakukan penyesuaian jika Anda menemukan sesuatu.

4. Memiliki Alat Bantu Yang Memudahkan dalam Mengelola Bisnis Online Anda

Aplikasi GampangJualan.ID dengan biaya yang sangat murah, dapa Anda andalkan untuk membuat website toko online dalam hitungan menit. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan ke Fans Page Facebook dan kedepannya juga terhubung ke Marketplace seperti Tokopedia.

5. Memiliki Pengukuran Kinerja

Pengukuran kinerja utam dalam bisnis adalah penjualan. Untuk mendapatkan penjualan, ada tahapan-tahapan yang harus kita penuhi (lihat point 4).

Oleh karena itu, memiliki kinerja pengukuran merupakan syarat utama dalam cara kerja bisnis online yang baik dan benar.

Begitu luasnya dunia bisnis online dari menawarkan produk jadi hingga menawarkan jasa. Yang pasti di era digital ini kesempatan terus ada bagi mereka yang mau dan mampu beradapatasi . Setelah Anda memahami cara kerja bisnis online, pertanyaannya adalah mau mulai kapan untuk berbisnis online?

Semoga inspirasi singkat ini dapat bermanfaat bagi UMKM di seluruh Indonesia.

Inspirasi UMKM Indonesia

UMKM Online Semakin Menggeliat Ditengah Masa Pandemi

UMKM Online Semakin Menggeliat Ditengah Masa Pandemi

Pandemi yang saat ini sedang berlangsung tentu saja berdampak besar pada faktor ekonomi baik di Indonesia, maupun negara-negara lainnya. Salah satu dampak yang diberikan pandemi ini adalah di sektor ekonomi yang semakin carut marut. Akibatnya, banyak sekali...

Cara Memasarkan Produk Secara Online Menggunakan Aplikasi

Cara Memasarkan Produk Secara Online Menggunakan Aplikasi

Untuk anda yang sudah memiliki produk dan memulai bisnis maka cara memasarkan produk secara online adalah hal yang anda butuhkan saat ini. Berbagai media dan platform dapat anda maksimalkan untuk melakukan pemasaran. Dari mulai diluar jaringan atau offline seperti...

Peluang Bisnis UMKM Bertemu Dengan Teknologi Digital

Peluang Bisnis UMKM Bertemu Dengan Teknologi Digital

Apa kabar sobat GampangJualan.ID? kali ini kita akan membahas mengenai peluang bisnis UMKM yang dapat sukses dengan bantuan teknologi digital. Ya, di era pandemi sekarang ini ratusan juta pengguna internet di Indonesia terutama di Facebook lebih memilih untuk...

Pin It on Pinterest

Share This
× Ada yang bisa dibantu?