Di era pandemi seperti saat ini, menjadi pebisnis online dapat dilakukan dengan mudah dan dari mana saja. Artikel ini akan membahas beberapa cara jualan online di Facebook bagi para pelaku bisnis UMKM di seluruh Indonesia.

Artikel ini tidak membahasa rahasia jualan laris di Facebook, sepanjang cara jualan online di Facebook kita tepat, potensi penjualan dapat meningkat dengan sendirinya.

Jualan Online di Facebook Cukup Mudah!

Di era digital sekarang ini, Anda  bahkan bisa menjual berbagai barang dan jasa secara online menggunakan handphone yang anda miliki. Setelah memiliki produk  atau jasa yang akan dijual ,maka langkah selanjutnya adalah memasarkannya.

Untuk memasarkan produk sehingga menemukan konsumen yang anda targetkan tentu anda perlu menggunakan platform yang efektif dan sesuai sehingga penjualan produk akan lebih maksimal.

Ada Banyak platform atau layanan yang dapat digunakan sebagai pilihan untuk memulai bisnis online. Apa saja platform tersebut dan bagaimana memaksimalkan platform pilihan anda untuk berbisnis online? Mari kita bahas.

Platform Bisnis Online

Platform menurut Wikipedia adalah media atau wadah yang digunakan untuk menjalankan program tertentu. Biasanya platform identik  dengan komputer dan digitaliasasi.  Secara garis besar, platform dapat dibagi berdasarkan biaya layanannya menjadi platform gratis seperti media sosial dan marketplace serta platform berbayar seperti membuat website.

Baik media sosial, marketplace maupun website memiliki banyak pilihan layanan yang bisa digunakan bagi Anda yang baru memulai bisnis online hari ini. Kesemua pilihan tersebut memiliki pasar dan potensinya masing-masing.  Mari kita bahas mulai dari platform gratis.

Marketplace

Marketplace adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli secara virtual. Secara tidak lain marketplace dapat dikatakan sebagai supermarket online. Kebanyakan marketplace tidak memiliki inventaris sendiri hanya sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli.

Ada banyak marketplace yang biasa digunakan masyarakat di Indonesia seperti BukaLapak, Tokopedia, Shopee, Elevenia, Lazada, JD.Id,  blibli, hingga Zalora. Sebagai perbandingan, menurut data yang dihimpun iprice jumlah pengguna tokopedia dan Shopee terus berkejaran menduduki peringkat puncak sejak 2018 hingga saat ini. Selain itu, tidak semua marketplace menyediakan layanan gratis seperti  Lazada yang mengambil komisi 1,8% dari setiap transaksi, serta blibli dan elevania yang mengambil komisi 5-10%.

Berdasarkan perbandingan di atas dan perbandingan lainnya kami merekomendasikan beberapa hal berikut dalam memilih marketplace e-commerce mana yang terbaik untuk bisnis online UMKM Anda:

  1. Jika anda baru memulai bisnis online dan Anda butuh marketplace dengan layanan paling terjangkau, maka Tokopedia dapat menjadi pilihan anda. Selain memiliki jumlah pengguna yang paling banyak di Indonesia, Tokopedia juga tidak menagih biaya apapun pada penjual.
  2. Jika Anda lebih tertuju kepada para pengguna gawai seluler dan aplikasi, maka bergabunglah dengan Shopee. Marketplace shopee memang lebih dioptimasi bagi pengguna aplikasi seluler, khususnya dalam menampilkan harga diskon dan program promosi. Selain itu jumlah pengguna aplikasi shopee juga tidak kalah bersaing dengan pengguna aktif tokopedia.
  3. Jika Anda mencari marketplace online di mana Anda dapat bersaing sehat sebagai penjual baru, Lazada menjadi pilihan yang baik. Lazada memiliki lingkungan yang sehat dan fair bagi penjual baru karena tidak memiliki platform iklan internal maupun program penjual berbayar khusus.
  4. Jika Anda menginginkan toko baru Anda mendapat pelanggan dengan segera maka pilihlah Elevenia. Walaupun menjadi yang terkecil di antara pilihan yang ada, Elevenia memiliki beranda yang menampilkan para penjual baru, sehingga memberikan paparan instan bagi para penggunanya.
  5. Jika Anda ingin membangun kredibilatas dan kepercayaan pembeli akan toko online Anda, maka pilihlah untuk bergabung dengan Blibli. Blibli secara manual melakukan inspeksi terhadap pendaftaran toko dan produk baru, sehingga lebih sedikit jumlah kasus penipuan penjual terjadi marketplace

Dari keseluruhan plaftorm jualan online tersebut, tentu berjualan online di marketplace secara umum memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Seperti faktor keamanan karena penggunaan rekening bersama. Sedangkan beberapa kekurangan berbisnis online di marketplace yakni seperti tidak bebas melakukan promosi produk serta adanya potongan biaya lainnya di kemudian hari.

Selain marketplace platform lain yang banyak digunakan sebagai media berjualan online adalah media sosial.  Jika anda mempertimbangkan berjualan online secara lebih luas dan bebas maka anda dapat menggunakan media sosial. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai optimalisasi setiap  media sosial.

Media sosial

Ada banyak media sosial yang digunakan di era sekarang mulai dari yang populer, hingga yang kurang populer. Karenanya meski bukan ditujukan sebagai tempat berjualan, memulai bisnis online di media sosial merupakan salah satu pilihan yang banyak di pilih pebisnis UMKM. Berikut ulasan mengenai media sosial mana yang efektif digunakan sebagai tempat jualan sekaligus promosi secara online.

Facebook

Facebook pertama kali digunakan untuk membangun jaringan komunikasi dengan teman namun semakin berkembangnya penggunaan internet sekaligus media sosial, facebook menjadi  salah satu platform media sosial paling popular yang digunakan untuk berjualan di Indonesia.

Umumnya faceook pertama digunakan pelaku bisnis online untuk mulai mempromosikan produk jualannya baik kepada teman pribadi hingga menyasar konsumen yang memang ditargetkan. Tidak hanya untu promosi, tidak sedikit juga yang menggunakan facebook Untuk berjualan.

Anda dapat memanfaatkan Fans Page sebagai cara jualan online di facebook. Setelah itu, bikin toko online facebook di fans page tersebut.  

Setelah itu, pebisnis online mulai dapat membuat konten promosinya dan melakukan posting secara konsisten untuk terhubung dengan pengikut di Facebook.

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, anda juga bisa tampil lebih professional dengan  memanfaatkan fitur iklan berbayar Facebook Ads.

Instagram

 Pada dasarnya Instagram adalah platform yang digunakan untuk mengabadikan moment berupa foto dan video, namun semakin tinggi penggunaan Instagram di Indonesia membuat banyak orang justru menggunakan platform yang satu ini untuk berjualan dan membangun brand perusahaan.

Dengan tampilan feed yang menarik, kombinasi gambar dan video singkat terbukti berhasil menarik perhatian pengguna Instagram terkonversi menjadi pembeli. Sama seperti Facebook, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan Instagram untuk berbisnis dengan memanfaatkan fitur iklan berbayar Instagram Ads

Twitter

Twitter menduduki aplikasi ketiga sebagai media sosial yang cukup efektif digunakan untuk berjualan online. Walaupun penggunanya tidak sebanyak Facebook dan Instagram. Umumnya twitter digunakan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat, karenanya membangun brand awareness bisnis anda di twitter merupakan langkah yang tepat.

Hal tersebut juga didukung dengan sifat pengguna Twitter yang relatif orang- orang yang loyal menjadikan berjualan di twitter menjadi salah satu pilihan yang baik. Jika Anda mempunyai basis pengikut loyal dan tertarget, maka pemasaran pun akan terasa lebih efektif apalagi anda juga bisa memaksimalkan penggunaan hashtag trending untuk meningkatkan traffic akun anda. Namun salah satu kelemahan Twitter dibandingkan dua pesaingnya di atas adalah keterbatasan pengguna untuk berkreasi.

YouTube

Konten video selalu mengundang rasa penasaran. Itulah salah satu alasan mengapa YouTube tetap menjadi media yang ampuh untuk melakukan promosi berkesinambungan.

Di era digital seperti saat ini dimana pengguna TV cenderung bergeser meminati layanan Youtube maka membuat branding di youtube dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun perlu diperhatikan untuk mengundang penonton dibutuhkan konten video yang menarik ditambah kualitas yang bagus dan informatif.

TikTok

Sebagai media sosial yang tengah naik daun dan ramai dibicarakan, melakukan promosi melalui media sosial tiktok dapat meningkatkan kesadaran konsumen akan produk yang anda tawarkan. Keuntungan menggunakan tiktok adalah adanya fasilitas hasthtag trending dan kemudahan melakukan edit video sehingga sebagai awampun kita mampu membuat konten video yang menarik.

Kelima platform sosial media diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, menilik dari fungsinya sebagai media promosi dan berjualan, facebook dan instagram masih menduduki peringkat dua teratas untuk digunakan pebisnis UMKM online.

Tips Jualan Online di Facebook untuk UMKM

Setelah memilih platform seperti facebook untuk digunakan sebagai media berjualan di Facebook, maka langkah selanjutnya adalah memaksimalkan usaha Anda di Facebook. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk itu, mari kita simak ulasan cara jualan online di Facebook berikut.

Jual Produk/jasa yang tepat

Pada titik ini saya yakin anda sudah memiliki produk yang akan dijual, maka kami hanya akan membahas secara singkat. Menjual produk atau jasa yang tepat disni berarti anda menawarkan solusi kepada masyarakat atas permasalahan atau kebutuhan yang mereka hadapi.

Dengan membawa solusi atas permasalahan masyarakat maka mereka dengan mudah mereka akan menjadi konsumen anda.  Tantangan berikutnya adalah bagaimana memasarkan produk tersebut  sehingga konsumen anda bertambah dan bisnis anda dapat berkembang pesat.

Membangun reputasi atau brand
Ada tujuh alasan kenapa konsumen mau membeli produk dan jasa yang kita jual. Tiga alasan terbesar yang menjadikan konsumen membeli produk anda diantaranya  pertama adalah alasan kebutuhan yang anda tawarkan sebagai solusi pertama. Alasan kedua adalah pergantian, manusia cenderung memiliki rasa penasaran yang kuat dan dirancang untuk mengambil keputusan secara terburu-buru, sehingga tidak perlu khawatir sebagai pebisnis pemula anda tetap bisa meraih konsumen dengan langkah pemasaran yang tepat. Sedangkan alasan ketiga adalah prestige atau rasa gengsi, bukankah anda tidak asing ketika barang dengan brand tertentu banyak digunakan dan orang-orang percaya ketika menggunakan brand tersebut membuat nampak lebih bergaya. Maka dengan membangun reputasi toko dan produk yang tepat anda akan bertemu konsumen yang tepat juga. Berikut adalah langkah yang dapat anda lakukan untuk membangun personal branding di facebook.
a.     Optimalisasi halaman profil
Anda dapat mengoptimalisasi halaman profil dengan mempersiapkan profil picture yang menggambarkan toko anda atau bahkan berisi logo anda dengan kualitas yang baik. Untuk facebook ukuran terbaik profil picture adalah 180 x1 80 pixel. Sedangkan untuk ukuran sampulnya resolusinya lebar 851 pixel x tinggi 315 pixel. Sebagai catatan gunakanlah format gambar png. Picture atau Foto Produk yang mempunyai kualitas baik, Terlihatlah lebih profesional.
b.     Perbanyak teman facebook
Facebook memiliki banyak fitur seperti laman pribadi, grup, maupun laman fans. Jika anda masih memulai lama pribadi maka perluaslah jaringan pertemanan anda dengan memperbanyak teman secara manual. Anda dapat mencarinya sedniri, melakukan tambah secara acak maupun bergabung dengan grup . Cara ini efektif dan gratis untuk dilakukan.
Buatlah komunitas anda sendiri

Setelah bergabung dengan grup mulailah untuk membangun laman fans atau laman grup anda sendiri. Buatlah sebuah grup aktif dengan nama yang menarik dimana anggotanya dapat saling berbagi info.

Usahakanlah agar info dalam grup ini sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Anda juga dapat membangun komunitas facebook / facebook page. Biasanya laman fans ini memiliki alamat yang cukup kompleks, maka anda perlu mengklaim alamat fanspage anda sehingga lebih mudah ditemukan dan disebarluaskan.

Untuk memperbanyak anggota komunitas anda, anda dapat mengundang teman anda dan pastikan untuk membagi informasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Dengan membagi informasi yang bermanfaat dan aktual anda juga dapat meningkatkan kemungkinan status anda akan viral.

Selain informasi yang aktual biasanya status yang memiliki kedekatan emosi seperti berisi konten humor akan lebih mudah viral. Maka anda perlu untuk tetap up-to-date terhadap keadaan terkini.

Jadilah Penjual yang Aktif dan Responsif

Tetaplah aktif setelah membangun komunitas anda. Jika perlu buatlah konten kalender dan  jadwal secara konsisten. Serta upayakan untuk memenuhi jadwal tersebut. Berdasarkan riset dari sproutsocial waktu terbaik untuk posting di facebook pada hari kerja ada pada jam 10.00 hingga 15.00 , sedangkan pada akhir pekan waktu terbaik ada pada rentang 13.00 hingga 15.00.

Selain aktif jadilah penjual yang responsif entah itu komentar di postingan anda, pesan yang masuk, maupun ulasan mengenai produk anda jadilah penjual yang ramah dan responsif. Anda bahkan dapat memanfaatkan facebook sebagai sarana customer service.

Aktif di story facebook

Facebook kini memiliki fitur story seperti halnya instagram. Manfaatkan fitur tersebut untuk membuat teman atau followes anda bergabung dengan komunitas anda secara sukarela dan menuju postingan terbaru anda.

Lakukan promosi meski berbayar

Setelah melakukan promosi kepada kawan anda, makan perluaslah jaringan anda dengan memanfaatkan facebook ads. Sayangnya, layanan ini membutuhkan biaya tertentu. Namun layanan ini cukup efektif untuk menyasar konsumen dengan kriteria tertentu.

Membangun reputasi melalui media sosial merupakan langkah awal yang tepat karena hal ini dapat memudahkan anda melakukan promosi awal bahkan secara gratis. Namun anda dapat tampil lebih professional dengan membuat website khusus dimana konsumen dapat melihat katalog produk anda dan dapat berbelanja secara langsung.

Gunakan aplikasi yang dapat membuat aktivitas jualan online di Facebook Anda semakin mudah dan cepat. Sebab, suatu saat Anda akan menemui kejenuhan dalam menanggapi pertanyaan dari para pembeli dan calon pembeli.

Aplikasi GampangJualan dapat mengatasi hal tersebut. Baik dalam membuat website toko online, membuat toko online di Facebook, hingga sebagai sarana membalas pesan di FB messenger.

Aplikasi GampangJualan Dapat Mempermudah Anda!

Selain membuat reputasi toko anda meningkat, anda juga dapat meringankan beban promosi anda dengan website atau aplikasi yang tepat. Yakni, aplikasi yang dapat dibuka di komputer maupun gawai seluler, terhubung dengan media sosial facebook anda, bahkan dapat membantu anda memaksimalkan fitur-fitur di facebook.

Salah satu yang terbaik saat ini adalah GampangJualan.id. Dapat dikatakan terbaik, sebab aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu anda mengambangkan potensi bisnis online UMKM anda.

Beberapa fitur tersebut antara lain.

  1. Auto reply facebook messenger
  2. Mudah tambah produk
  3. Produk dapat memiliki variasi (misal pilihan warna, ukuran dan sebagainya)
  4. Ongkos kirim otomatis terhitung (JNE, J&T, Sicepat, Ninja Xpress, dll dan ada fungsi COD untuk Sicepat)
  5. Update produk terintegrasi antara Toko Online dan halaman FB.
  6. Bisa terhubung ke beberapa halaman FB, misal seseorang jualan Kue, Sepatu, Baju, artinya dengan 1 toko online di dashboard aplikasi gampangjualan, mereka bisa pakai 3 halaman facebook.
  7. Bisa auto reply ke pengunjung halaman FB.
  8. Bisa reply messenger FB dengan produk tertampil di messenger dan ada tombol beli.
  9. Pembeli dapat lakukan transaksi hanya melalui FB messenger.
  10. Resi otomatis terkirim ke FB messenger pembeli.

Fitur aplikasi GampangJualan dapat menjadi sebagai cara jualan online di Facebook yang tepat untuk para pelaku UMKM.

Lebih lanjut mengenai  GampangJualan.ID anda dapat langsung hubungi kami melalui Whatsapp.

Pin It on Pinterest

Share This
× Ada yang bisa dibantu?